Mengenal Tanda-Tanda 5 Jenis Kulit: Anda yang Mana?

humphreyskincare Jan 13, 2020
Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Mengenali jenis kulit penting untuk memilih metode perawatan kulit yang tepat. Namun, mungkin sulit untuk mengetahui dengan pasti apa jenis kulit Anda. Artikel ini menyediakan informasi dasar mengenai jenis kulit dan Anda dapat menggunakannya sebagai dasar untuk menentukan jenis kulit Anda.

Jenis kulit seseorang bisa berubah-ubah

Jenis kulit tidaklah konstan dan dapat berubah. Pembagian jenis kulit seseorang tergantung pada:

  • Jumlah air yang dikandung kulit atau berapa banyak air yang dimilikinya
  • Jumlah minyak dalam kulit atau seberapa berminyaknya kulit Anda
  • Tingkat sensitivitas atau seberapa sensitif kulit tersebut

Apa jenis kulit Anda?

Berdasarkan tiga faktor di atas, kulit manusia umumnya terbagi menjadi 5 jenis yang meliputi:

1. Kulit kering

mengatasi kulit wajah kering

Kulit kering cenderung kasar, bersisik, dan terasa gatal. Pori-pori dan garis-garis kulit terlihat jelas. Anda dapat melihat pengikisan sel-sel kulit yang mati pada permukaan kulit. Kulit bisa menjadi lebih kasar dan bersisik ketika udara kering dan ketika Anda membersihkannya dengan sabun yang kuat.

Anda lebih rentan memiliki kulit kering saat dewasa karena kekeringan kulit merupakan bagian dari proses penuaan. Mandi air panas terlalu lama, efek obat-obatan, radiasi ultraviolet dari sinar matahari, atau riwayat keluarga dapat berkontribusi terhadap kulit kering.

Berikut ini beberapa tips untuk merawat kulit kering yang bisa Anda coba di rumah:

  • Cuci kulit dengan air hangat dan pembersih yang ringan sekali sehari. Ada beberapa jenis pembersih yang dirancang untuk kulit kering.
  • Jangan menggosok kulit ketika mandi atau mengeringkan wajah.
  • Jangan mandi lama-lama dengan air panas. Minyak alami kulit dapat hilang dengan lebih cepat.
  • Oleskan pelembab secara teratur untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.
  • Gunakan perangkat untuk melindungi kulit jika Anda harus bekerja dengan bahan-bahan yang membuat kulit kering seperti detergen.

2. Kulit berminyak

minyak di wajah

Kulit ini terlihat berkilau, terutama ketika Anda melihatnya di bawah cahaya. Anda juga dapat melihat minyaknya. Ada pori-pori yang terbuka, jerawat, dan komedo pada kulit.

Kulit berminyak dapat dialami di cuaca panas, atau selama pubertas. Stres dan efek obat-obatan antibiotik juga dapat membuat kulit menjadi berminyak.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, maka Anda harus:

  • Cuci kulit dengan air hangat dan pembersih yang ringan dua kali sehari. Jangan mencucinya secara berlebihan karena minyak alami yang melindungi kulit dapat terangkat. Jangan menggosok selama membersihkannya. Ada pembersih yang khusus untuk kulit berminyak yang dapat Anda coba.
  • Jika Anda berjerawat, jangan mencukil atau memecahnya. Ini dapat menimbulkan luka besar.

3. Kulit normal

perawatan kulit

Warna kulit normal umumnya merata; teksturnya lembut dan halus. Tidak ada pori-pori yang terlihat jelas, cacat, noda merah, komedo, jerawat, kukul, atau masalah kulit lainnya yang terlihat. Permukaan kulit tidak terlalu berminyak atau kering karena air dan minyaknya seimbang, dan suplai darahnya baik.

Ini adalah jenis kulit yang paling sempurna yang tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan kulit. Anda hanya harus menggunakan pembersih, pelembab, dan tabir surya.

4. Kulit kombinasi

makanan yang harus dihindari jenis kulit berminyak

Kulit ini berminyak di dagu, dahi, hidung; dan kering di bagian lainnya. Ada pori-pori yang besar dan komedo. Kulit terlihat berkilau di bagian yang berminyak. Kulit kombinasi dapat dihasilkan dari faktor genetik atau perubahan cuaca.

5. Kulit sensitif

menghilangkan keriput kulit wajah

Kulit sensitif bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penting untuk mencari tahu penyebabnya sehingga Anda dapat melindungi kulit dari iritasi. Tanda-tanda kulit sensitif meliputi:

  • Kemerahan di kulit
  • Perasaan kulit terbakar
  • Kulit kering
  • Kulit gatal

Berikut adalah beberapa kondisi umum yang menyebabkan kulit sensitif:

  • Jerawat. Jerawat adalah kondisi kulit yang umum. Jerawat muncul ketika pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, kotoran, dan kelebihan minyak.
  • Rosacea. Gejala dari kondisi ini meliputi pembuluh darah yang rusak, kukul.
  • Dermatitis kontak. Kulit Anda bisa teriritasi oleh sabun, detergen, atau pelembab.

Tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Setiap orang memiliki kondisi yang spesifik. Akan lebih mudah dan efektif untuk memiliki produk perawatan kulit jika Anda mengetahui jenis kulit Anda dan apa yang dibutuhkannya.